Tarian Khas Kota Yogyakarta - kota yogyakarta

Tuesday, February 20, 2018

Tarian Khas Kota Yogyakarta

Jika kita membahas kota yogyakarta memang tidak akan pernah ada habisnya dari tempat wisatanya, keunikanya, makanan khasnya, lagu lagu daerahnya. Masih  bayak tempat tempat  bersejarah kota jogja juga dikenal sebagai kota pendidikan.


  • Berikut ini kita akan membahas nama nama tarian kota yogyakart
a. Tari Serimpi
        Tari serimpi adalah tarian yang cukup populer dikota yogyakarta. Pada pertama kali dikenalkan tarian serimpi ini termasuk tarian yang sakral yang hanya bisa ditampilakan dikeraton yang biasanya pada acara ritual kenengaran sampai acara kenaikan tahta kesultanan. Tarian serimpi ini biasanya dimainkan dengan 4 orang wanita yang memiliki paras cantik dan anggun, tarian serimpi ini juga memiliki makna yaitu: "kata serimpi berasal dari kata impi (mimpi)". Tarian ini juga biasanya dimainkan dengan lembat dan gemulai  yang bermaknakan kesopan dan kelembutaan.
Tarian ini dimainkan dengan 4 orang wanita yang cantik  karena melambangkan 4 unsur  yang ada didunia ini  Api (grama), Air (troya), Tanah, Bumi, Dan Udara. Dan penari tersebut memiliki nama  yaitu: Batak, Gulu, Dhada, dan Buncit.
Tarian serimpi ini juga memiliki begitu banyak  macamnya diantaranya yaitu: tari serimpi cina, tari serimpi padhelori, tari serimpi pistol, tari serimpi merak kasimpir, tari serimpi renggawati ,tari serimpi pramugari, tari serimpi sangopati, tari serimpi anglirmendhung, dan tari serimpi ludira madu. 





b. Tarian Rara Ngigel
         Tari rara ngigel adalah  yang menceritankan seorang gadis yang akan tumbuh menjadi dewasa. Dan tarian ini dimainkan oleh wanita tapi terkadang juga ada laki laki yang membawakan tarian ini tarian ini juga menggabungkan dua kebudayan: lemah lembut yang  menjadi ciri orang jogja dan tegas menajadi ciri orang jawa barat.  Untuk busana yang dipakai biasanya mengunakan busana campuran antara budaya cina dan budaya jawa.



c. Tari Kumbang
       Tari kumbang adalah tari yang menceritakan kisah cinta  kumbang jantan dan kumbang  betina yang saling bertebangan kesana kemari selayaknya pasangan keakasih yang romantis . Yang pergi terbang kebunga bunga untuk menghisab sari bunga bunga bersama, Semua orang yang melihat tarian ini akan diajak berimajinasi dengan suasana yang begitu roamantis jadi buat kalian yang memiliki kekasih cocok untuk mengajak pasanganya melihat tarian ini.


d. Tari Beksan Srikandi  Suradewati
                Adalah tarian menceritak peperanga antara dewi suradewati dan dewi srikandhi.
Srisukandi adalah adik dari prabuhu Dasalengkara  yang mengiginkan dewi Siti sendari untuk dijadikan istrinya. Maka dewi suradewati diutus untuk melamarkan, tetapi ternyata dewi siti sendari sudah dijodohkan dengan  Raden Abimanyu maka dari situlah perperangan antara dewi suradewati  dan srikandhi yang membela raden abimanyu dan kemenangan dirai oelh dewi srikandhi.






e. Tari Klono Rojo (klana raja)
         adalah tarian yang menceritakan  adegan seorang raja yang sedang jatuh cinta  kepada seorang putri yang cantik nan jelita  yang terinsprirasi dari cerita wayang wong.
Nama klono rojo diambil dari kostum  atau busana  dan ragam  tarian yang digunakan dalam tarian ini dari yang lain juga mengataka bahwa  klono rojo diambil dari seorang nama yang gagah perkasa  dan sangat berkuasa.














No comments:

Post a Comment