Bagunan Tua Yang Dijadikan Tempat Wisata Diyogyakarta - kota yogyakarta

Wednesday, March 14, 2018

Bagunan Tua Yang Dijadikan Tempat Wisata Diyogyakarta

Jaikan anda binggun untuk mencari tempat wisata untuk belibur anda dan keluarga mungkin di kota yogyakarta ini bisa anda jadikan pilihanya. Anda bisa mencoba belibur ditempat wisata dibangunan kuno ini anda juga bisa mengunjungi tempat tempat yang bersejarah dan bangunan kunu yang masih berdiri kokoh. Berikut ini beberapa tempat wisata bangunan kuno yang anda bisa kunjungi.

1. Benteng Vrederburg
        Mungkin tempat yang satu ini bisa anda kunjungi bersama sahabat dan keluarga anda karena banguna ini sudah dijadikan tempat wisata dikota yogyakarta. Bagunan ini dibangun oleh para belanda dimasa penjajahan  dan sampai sekarang pun bangunanya masih berdiri kokoh. Benteng ini dibangun pada tahun 1760 atas perintah dari Sultan  Hamengkubuwono 1 dan perintah dari pemerintah belanda yang dipimpin oleh Nicholaas Harting yang opada saat itu menjadi Gebernur Diriktur pantai utara jawa.
Dulu tujunya dibangun benteng ini untuk dijadikan menjaga keamanan keratin. Dan pada tahun 1767 pada masa kepemimpinan W.H. Van Ossenberg mengusulkan agar benteng dijadikan bangunan permanen dengan maksud keamannya lebih terjamin lagi.  Setelah p0embanunannya selesai benteng ini diberi nama "Rustenburg" yang memiliki arti tempat peristirahatan. Pada tahun 1867 terjadi gempa yang sangat dasyat yang merobohkan banyak bangunan termasuka bangunan benteng rustenburg dan kemudian dibangun kembali benteng rustnburg ini dan namanya pun diganti menjadi "Vrederburg" yang artinya benteng perdamaian. Hal ini menjadikan simbol perdamaian antara belanda dan keraton. Dan buat anda para pencinta traveling tempat wisata yang satu ini sangat lah cocok untuk berfoto selfi.

2. Taman Sari
        Tempat wisata yang satu ini ini juga cocok anda jadikan tempat belibur karena tempat ini merupakan istanah air yang dulunya dijadikan tempat mandi para keluarga kerajaan.  Tempat ini juga dibangun ditenggah tenggah perkampungan yang sangat indah, jika anda berkunjung kesini anda bisa berjalan kecil dan melihat rumah rumah lokal warga yang memiliki seni yang sangat tinggi dan anda juga bisa permisi kepada pemiliki rumah untuk berfoto foto dirumah yang memiliki bangunan kuno dan meliki seni. 
 Taman ini dibangun pada zaman Sultan Hamengkubuwono 1 pada tahun 1758 -1765.  luas bangunan ini sekitar 10 hektar dan sekitar 57 bangunan baik berserta banguan gedung, jembatan gantung, kolam pemandian, kanal air, danau buatan, pulau buatan, dan lorong bawah airnya. Taman ini juga mendapatkan sebutan sebagai " The Fragrant Garden " Kebun yang digunakan secara efektif ini antara tahun 1765-1812 membentang dari barat daya kompleks kedhation sampai tenggara konpleks mangangan. Namun saat ini hanya sisa sisanya yang bisa dilihat yaitu yang berada dibarat daya konpleks kedhanton saja. 

3.  Musium Ullen Sentalu
       Tempat wisata yang satu ini juga bisa anda jadikan pilihanya yang ada diyogyakarta. Karena misium ullen sentalu yang sangat terkenal diyogyakarta karena banguan klasiknya bangunanya pun benar benar sangat berkesan tua walapuan pembagunanya dimasa yang modern musium ini sangatlah cocok dengan kerajaa mataram islam dan keraton yogyakarta. Yang unik dimusim ini adalah jika anda biasanya datang kemusium musium yang ada anda hanya membeli tiket dan langsung masuk dan mengelilingi musium itu anda akan ditemani oleh pemandu tur dari pihak musium ini yang akan menemani anda selama 50 menit. 
Nama Ullen Sentalu ini merupakan singkata dari filosofi jawa " Ulantig Blencong  Sejatine  Tataraning Lumaku" memiliki arti Belencog adalah lampu penerang dari wayang kulit, Merupakan tuntunan dari menjalani kehidupan. Bagunan musium ini memiliki 3 kawasan yaitu: kawasan yang berbentuk gua, pondok pondok kayu diatas air, ruang panjang yang berkonsep modern, dan memiliki luas keseluruhan sekitar 1,2 hektar.
Dikawasan ke-1 yaitu kawasan gua anda akan menemukan koleksi gamelang, lukisan tarian keraton, lukisan tokoh keraton, dan silsilah keraton yogyakarta dan solo.
Dikawasan ke-2 anda akan langsung disambut dengan koleksi batik khas yogyakrta dan solo, barang peninggalan tokoh keraton, dan kariya sastera yang berbentuk puisi tentang kisah cinta putri keraton yang mengalami konflik percintaan yang cukup menarik.
dikawasan ke-3 anda akan disambut akan koleksi arca asli maupun tiruan dan didalam ruangan ini anda akan menemui patung wanita yang mengenakan pakaian pengantin jawa lengka, dan lukisan seputar kerton yogyakarta. anda harus mencoba untuk mendatangi tempat wisata yang satu ini.  

  

No comments:

Post a Comment