Oleh Oleh Yogyakarta - kota yogyakarta

Thursday, March 8, 2018

Oleh Oleh Yogyakarta

Siapa yang tidaka kenal denga kota yogyakarta yang bengitu terkenal akan kebudanyaan dan makan khasnya dan masih banyak lagi. Jika kita berkunjung ke yogyakarta kita bisa menemukan dari mulai, kebudayaan, kesenian, keramahan, makanan khas, dan tempat tempat wisatanya yang membuat decak kagum. Jika kalian sedanng berlibur atau sekedar berkunjung keyogyakarta jangan sampai anda melewatkan untuk membelikan oleh oleh keluarga, sahabat, maupun kerabat kantor anda
 Berikut beberapa oleh oleh khas yogyakarta yang bisa anda belikan untuk keluarga dan kerabat terdekat anda.

 1. Gduk Yu-Djum
        Adalah makan khas yang terbuat dari nangka muda yang dicacah yang belum matang. dan sajakian tanpa air. Gudek ini sudah ada sejak tahun 1950 an yang dulunya hanya dijual dijalan trotoar yang sekarang sudah sangat berkembang sangat pesat dan sudah memiliki bengitu banyak cabangnya.  Jika kalian ingin mebelinya kalian bisa datang ketempat ini Di JLN. Wijilan  No.167.

inilah tempat utama yang kalian bisa kunjungi : Yu-Djum. Satu porsi gudeg yang berisikan gudeg, nasi, dan sambel krecak dan anda juga bisa memilih lauknya sendri yaitu: telur rebus, tahu, tempe, ampela ati, dan danging ati untuk l gudeg dengan telur rebus harganya hanya RP10.000. Dan jika ditambah dengan dada kalian hanya menambahkan uang RP3.000 . Jika kalian  ingin membawanya pulang untuk oleh oleh biasanya dikemas didalam kendi dengan isian yang begitu melimpa  dari Gudeg kering samba, kalau dengan 10 telur, dada ayam  utuh dan satu porsi dihargai RP 150.00 -
200.000.

2. Pathilo
        Makan khas ini yang terbuat dari singkong yang memiliki rasa nikmat dan gurih Kalian juga bisa jadikan oleh oleh untuk keluarga dan kerabat terdekat anda. Pathilo ini berasal dari kata " pathi dan lo, pathi artinya pati dan lo telo (singkong) yang berbentuk bulat lingkaran yang memiliki berbagai warna tetapi paling banyak digunakan adalah warna merah dan putih.. Anda bisa membelinya di gunung kidul yogyakarta.


3. Yangko
         Yangko ini sangat mirip dengan kue moci khas yogyakarta. Jajanan ini terbuat dari tepung beras ketan dan teksturnya kenyal, yang biasanya isiannya berisikan kacang yang dicincang dan mremiliki rasa manis legit yang hampir sama dengan rasa kue moci. Yangko ini juga memiliki penampilan yang begitu menarik pelangan dengan bentuk kotaknya, memiliki warna warni yang sangat cerah dan  ditambah taburan tepung diatasanya dalam satu kota yangko biasanya berisikan 30 buah denga rasa yang berfariasi. 
Dikota yogyakrta ini juga memiliki pemiliki yangko yang sangat terkenal dan populer yaitu Bapak Prapto. Bapak prapto ini juga termasuk generasi pertama yang sudah ada sejak tahun 1921 tempatnya ada di jalan Pramuka No 82 yogyakarta. 

4. Coklat Monggo
         Tidak perlu datang jauh jauh ke Belgia hanya untuk mencari dan menikmati rasa coklat yang nikmat. Karena coklat manggo ini pun sudah ada di yogyakarta, dengan rasa coklat belgia yaitu coklat manggo. Karena pemilik coklat manggo ini adalah orang yang berkembangsaan dari belgia. Sehingga dia benar benar tau bagaimana rasa dari coklat manggo ini,  jadi tidak usah khawatir dengan rasanya yang berbeda dari coklat manggo yang ada dibelgia sudah pasti rasanya pun nikmat khas coklat negara belgia.
Coklata manggo ini juga bisa anda  jadikan oleh oleh untuk keluarga dan kerabat terdekat anda  jika anda berkunjung ke yogyakrta. Coklat manggo ini diolah langsung dari biji coklat pilihan  yang diproduksi langsung dari Jawa, Sumatra, dan sulawesi.

No comments:

Post a Comment