Sejarah Terbentuknya Candi Prambanan - kota yogyakarta

Sunday, February 25, 2018

Sejarah Terbentuknya Candi Prambanan

Candi prambanan adalah candi yang sangat menarik untuk dikunjungi yang berada diindonesia. Candi prambanab juga sering dikenal oleh masyarakat yogyakarta sebagai candi Roro Jongrang berikut ini saya akan membahas sekilas tentang terbentuknya candi prambanan atau candi roro jograng ini.

    Pada zaman kerajaan di nusantara berdiri dua kerajaan hindu yang cukup besar dan sangat terkenal di pulau jawa. Yaitu kerajaan pengging yang dipimpin oleh raja  Prabu Damar  Moyo dan kerajaan pengging yang dipimpin oleh raja Prabu Boko. 
Dikisahkan pada zaman dahulu berdirilah kerajaan pengging yang sangat makmur dan sangat maju yang dipimpin oleh seorang raja Prabu Damar Mayo yang sangat baik dan bijaksana. Raja damar moyo juga termasuk raja yang adil kepada semua rakyatnya inilah yang membuat keraja bengging sangat terkenal dengan kemakmuranya. Raja damar moyo juga memiliki seorang putra yang bernama  Bandun Bondowoso yang sangat pemberani dan gagah perkasa. 

Dan dibagian lainnya , kerajaan boko adalah sebuah  keraton yang berada di bawah wilayah kerajaan pengging atau kerajaan yang dimpin oleh raja Prabu Boko tetapi raja ini berbeda dengan raja  damar moko yang baik hati dan adil, tidak seperti raja prabu boko yang terkenal raja raksasa yang sangat bengis, kejam, dan berwajah sangat seram. Suka memakan daging manusia raja boko juga terkenal sebagia raja yang sangat kejam dan suka semena mena terhadapa rakyatnya.
 Prabu boko juga memiliki putri yang sangat cantik yang bernama Roro Jonggrang. Prabu boko juga memiliki pati kepercayaan yang bernama pati Gupala yang berwujud raksasa.

kerajan boko.

Sejarah Candi Prambanan Dan Peperangan Dua Kerajaan

    Pada suatu ketika prabu boko memilki sebuah pikiran untuk memilki semua wilayah jawa, dan ingin memiliki kerja pengging yang sangat makmur dan menjadi kerajaan yang sangat kuat. Kemudian prabu boko dan patinya bermusyawarah tentang memperundingkan strategi bagai mana caranya untuk bisa menguasi kerajaan pengging dan saat semua ide dan kekuatan  itu didapatkan mulai lah prabu boko, pati, dan para pasukan/perajuri keraton berangkat untuk menyerangkan kerajanaan pengging.

  Terjadilah pertempuran yang sangat sengit antaran dua kerajaan yang menimbulkan banyak korban dari kedua kerajaan itu. Rakyat kecil pun ikut menjadi korban dari perperang itu dan banyak yang menjadi korban, perekonomian kerajaan ikut menjadi lumpuh banyak rakyat yang menderita kelaparan, terserang penyakit.

Mengetahui keadan kerajaan pengging yang semakin memburuk saja. Akhirnya Prabu Damar Moyo mengutus putra untuk datang ke kerajaan prabu boko untuk melawan dan merengut nyawa prabu boko. Mendapat perintah sepertyi itu bandung bondowoso pun berangkat menuju ke kerajaan prabu boko dan sesampainya dikerajaan itu peperanganpun dimulai antara bandung bondowoso dan prabu boko yang dimenangkan oleh bandung bondowoso dan prabu boko akhiryapun bisa dibunuh.
 Melihat Raja mati terbunuh oleh bandung bondowoso sang patipun melarikan diri pulang ke keraton boko, bandung bindowoso mengetahui bahwa pati melarikan diri ia pun mengejar pati Dwarapala sampai ke keraton boko. Setibanya dikeraton boko sang pati pun menyampaikan kepada sang putri  apa yang sudah terjadi. Roro jonggrang mengetahui bahwa ayahnya sudah mati terbunuh oleh bandung bondowoso iyapun marah bukan kepala dan beliau  mengetahui bahwa bandung bondowoso akan menuju ke kerato ia pun meyusun siasat bagai mana caranya untuk melawan bandung bondowoso. 


Sejarah Berdirinya Candi Prambanan
     Setibanya bandung bondowoso ke keraton alangkah terkejutnya melihat kecantikan roro jonggrang anak dari prabu boko. Bandung bondowoso pun jatuh cinta dan berkeinginan untuk mempersuting roro jonggrang Setelah roro jonggrang mengetahui keinginan dari bandung bondowoso pun mulailah roro jonggrang mengatur siasat  yaitu : " Bahwa dia siap untuk dijadikan sebagia istri bandung bondowoso tetapi ada syarat yang harus dipenuhi oleh bandung bondowoso, karna andung bondowoso sudah terlajut jatuh hati kepada roro jonggrang akhirnya bandung bondo woso menuhi persayaratan roro jomggarang". yaitu: membuat sumur jalatunda dan mendrikan 1000 candi dalam waktu semalaman.
Asal Usul Candi Prambanan
    Dan akhirnya bandung bondowoso memenuhi persyaratan roro jonggrang. Dimulai dari pembuatan sumur dan setelah pembuatan sumur jalatunda selesai. Roro jonggrang memintan kepada bandung bondowoso untuk masuk kedalam sumur bandung bondowoso pun masuk kedalam sumur dan roro jonggrang memerintahkan kepada patinya untuk menimbun bandung bondowoso secara hidup hidup. Ternyata usahanya itu sia sia saja karena bandung bondung bondowoso mengerahkan seluruh kesaktianya dan akhirnya bandung bondowoso selamat dari kematian.  Mengetahui bahwa bandung bondowoso hanya dijebak oleh roro jonggrang akhirnya bandung bondowoso datang ke keraton untuk menemui roro jonggrang. Karena berkat kecantikan dan rayuan  roro jonggrang akhirnya bandung bondowoso tidak jadi marah dan bandung bondowoso besedian untuk memenuhi persayratan yang keduan yaitu untuk membutakan candi. 

Dan akhirnya bandung bondowoso membut 1000 candi  dalam waktu semalam. Bukan hal yang mudah walaupun bandung bondowos terkenal sangat sakti, untuk bandung bondowoso membuat 1000 candi dalam waktu semalaman. Dan akhirnya bandung bondung bondowoso mengerahkan seluruh kekuatan dan meminta bantuan kepada para jin. 
Setelah roro jonggrang mengetahui bahwa bandung  bondowoso meminta bantuan kepada para jin akhirnya roro jograng memutar otak bagaimana cara bisa mengalahkan bandung bondowoso akhirnya roro jograng meminta bantuan kepada para gadis keraton untuk membakar jerami dan menumbuk lesung, dan jerami dibakar agar langit tampat terang seperti pagi hari saat matahari akan muncul 
 saat para gadis menumbuk lesung dan ayam ayam jantan pun mulai berkokok para jin melihat ke lagit ternyata langit sudah mulai terang akhirnya para jin menghentikan perkerjaan meraka. dan pergi meninggalkan bandung bondowoso. 

Mitos Dan Sejarah Berdirinya Candi Prambanan
     Melihat jin tiba tiba pergi bandung bondowoso curinnga dan terkejut apa yang telah terjadi. Dan akhirnya bandung bondowoso pergi untuk memanggil roro jonggran untuk menghitung jandi ynag telah dibangun oleh para jin dan bandu bondowoso. Setelah roro jonggrang menghitung semua candi ternyata candi itu hanya berjumlah 999 buah. 
 mengetahui  roro jonggarang  menipunya bandung bondowoso pun langsung mengutuk roro jonggrang menjadi candi yang ke-1000 dan seketika itupun tubuh candi roro jonggarang lansung berubah  menjadi patung bantu dan bandung bondowoso pun juga mengutuk para gadis yang membantu roro jongggrang menjadi perawan tua dan seu7mur hidupnya tidak akan menik



     






















No comments:

Post a Comment