Mitos Dan Pantangan Kota Yogyakarta - kota yogyakarta

Friday, February 23, 2018

Mitos Dan Pantangan Kota Yogyakarta

Kota yogyakarta memang memiliki begitu banyak tempat wisatan dan begitu banyak juga larangan larangan dan mitos mitos yang berkembang. Masih menggunakan kebudayaan yang sangat kental masyarakartanya pun masih mempercayai adanya mitos dan pantangan yang sampai sekarang masih merka percayai , berikut  ini tempat tempat wisanta yang memiliki mitos dan pantangan yang begitu sangat berkembang dikalangan masyarakat yogykarta dan sampai saat ini pun masih tetap terkenal.

1. Larangan Memakai Baju Batik Cap Garuda Dikeraton.
      Memang sekarang kerajaan / keraton yogyakarta di perbolehkan untuk di kunjungi oleh para wisata maupun masyarakat kota yogyakarta sendiri. Tapi kalian perlu ketahui jika kalian berkunjung keraaton/ kerajaan ini dengan mengunakan baju batik burung garudu dipercayai kalian akan mendapatkan celaka. Karena masyarakat jogja mepercayai baju batik yang  bercorakan garuda itu baju yang sering dipakai oleh Sultan Hamengkubuwono karena dari situlah siapan pun yang datang kesini dengan menggunakan baju batik bercorakan burung garuda akan kualat.




2. Larangan Membawa Pasangan Keratu Boko
           Seperti tempat tempat yang lain yang memiliki larang larang yang lain. Jika kalian datang ditempat ratu boko kalian juga akan mendapatkan larangan seperti jangan pernah datang ke ratu boko dengan membawa pasangan kalian. Konon katanya jika kalian datang ketempat ini dengan membawa pasangan kalian dipercayai akan segera putus hubungannya.  



3. Laranga Membawa Pasangan Datang Kecandi Prambanan
         Masyarakat jogja sangat mempercyai jika datang ke candi prambanan  membawa pasanga maka dipercayai hubunganya yang sudah dijalin akan putus setelah datang mengujungi candi prambanan dengan pasangan anda. Konon  karena kisah cinta dari Bandung  Bondowoso dan Roro Jonggarang yang menyelimuti tempat ini. 


4. Laranga Memakai Baju Hijau Datang Kepantai Selatan
           Jika anda ingin berkunjung kepantai selatang dengan keluarga, sahabat, dan pasangan anda. Berhati hatilah karena masyarakat yogyakarta mempercayai jika kalian datang kesini dengan mengunakan baju berwana hijau  konon katanya akan datang ombak besar yang akan menyeret orang yang memakai baju itu. Karena dipercayai baju hijau itu adalah  baju kebesaran ratu Nyi Roro Kidul Maka dari stulah kalian harus berhati hati jika berkunjung kepantai ini dan sebaiknya jangan memakai baju yang berwana hijau.



5. Datang Ketaman Sari Denga Pasangan Akan Awet Sampaik Kakek Nenek
        Selajutnya mitos atau larang yang dipercayai oleh masyarakat yogyakarta adalah datang ke taman sari dengan pasanga anda dipercayai hubungan yang terjalin akan tetep awet sampek kakek nenek. Karena tempat ini dipercayai dijadikan tempat berhungan sultan  dengan wanita wanita pilihanyan. 


6. Memeluk Tugu Jogja Bisa Datang Kembali Kejogja
          Mitos selanjutnya yang di percayainya adalah jika datang ke yogyakarta kalian ingin bisa datang kembali ke kota yogyakarta kalian bisa memeluk tugu yogyakarta dan berfoto foto yang di percayai oleh masyarakat jogja bisa membawanya kembali datang ke kota yogyakarta.




No comments:

Post a Comment