Rumah Adat Bangsal Kencono Yogykarta - kota yogyakarta

Wednesday, February 21, 2018

Rumah Adat Bangsal Kencono Yogykarta

Rumah adat yogykarta biasa dikenal dengan nama Rumah bangsal kencono keraton. Rumah adat yang dibangun oleh sultan  Hamengkubuwono ke-1 dan pada saat ini digunakan sebagai kediaman raja Ngayogyakartan Hadiningrat dari dulu sampai saat ini selain itu juga rumah adat ini memiliki  beragam keunikan.


  • Rumah adat yogyakart
Rumah adat bangsal kencono  memiliki begitu banyak kesamaan dengan desain rumah adat jawa tengah. Yaitu disain atap yang memiliki bumbungan tinggi yang menompang pada  4 tiang yang disebut songko guru  penyangga,  rumah adat ini juga hampir mirim dengan disain rumah joglo tetapi ukurannya lebih luas, besar dan lebih lebar.  Memilki arsitektur yang hampir mirip dengan belanda, portugis, dan cina. Dan arsitektur yang dominan dengan adat jawa yang bengitu kental dari atap, dinding dan tiangnya,



Rumah adat yang hampir mirip dengan rumah adat jawa dan materialnya terbuat dari bahan bahan seperi ginting tanah, dan untuk dinding biasanya terbuat dari kayu yang disusun tinggi dan mengunakan kayu yang berkualitas tinggi. Biasanya cat yang digunakan untuk mengecat tiang tiang menggunakan warna hijau tuan / hitam dan pada umpak dicat dengan warna hitam keemasan biasanya lantainya dibuat dari marmer  / granit dan biasanya permukanya lebih tinggi dari permukaan yang lainnya. 


  • Ciri rumah adat rumah bangsal kencono yogyakarta 
1. Bentuk dan ukuran:  desain dari rumah ini hampir mirip dengan sebuah padepokan yang berfungsi  untuk tempat tinggal keluarga keraton maka dari situlah pasti sudah memiliki ukuran yang luas dan besar  disesuaikan dengan kebutuhannya. 

2. Desain dan motif bagunan:Bisa kita lihat dari halaman yang sangat banyak ditanami tanaman hijau yang sangat asri dan banyak terdapat sarang burung maka dari situlah desain yang dibuat yaitu menggambarkan kecintaannya kepada alam. Dan untuk moti yang digunakan adalah  berdominan dengan nuasa kejawen  yang perpaduan dengan cina, portugis, belanda dan hindu.
 
3. Fungsi : Fungsi dari rumah adat bangsal kencono sangatlah konplek yaitu selain sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan  dan biasanya juga dijadikan sebagai tempat upacara adat dan ritual  keagamaan bagi masyarakat yogyakarta.



  • Susuna bagunan rumah adat bangsal kencono

a. Bagian depan nya
     - Gladhag  Pangurakan yaitu: Gerbang utuma pintu masuk utama istanah.

     - Alun Alun Lor yaitu           : Lapangan kerajaan yang berada diutara keraton.
 
     - Masji Gedhe yaitu              : Tempat ibadah kesultanan. 
     
b. Bagian Inti
     - Bangsal  Pagelaran  yaitu    : Tempat yang digunakan untuk menghadap kesultan pada saat ada                                                           upacara  resmi.

      - Siti Hinggil Ler  yaitu         : Tempat upacara resmi kesultanan. 

      - Kamandhungan Ler yaitu   : Sebuah bagunan yang terletak disebelah utara. 

      - Sri Manganti yaitu               : Tempat yang deigunakan untuk menerima tamu.
 
      - Kedhaton  yaitu                    : Untuk tempat tinggal  sultan, keputren untuk istiri raja, dan                                                                    kesatria putra raja.

      - Kemagangan  yaitu              : Temapt yang digunakan untuk menerima abi dalem, tempat                                                                    berlatih ujian, dan sebagai tempat untuk apel kestian saat masih                                                              magang. 

     - Siti Hinggil Luhur yaitu        : Tempayt yang digunakan dengan sultan untuk melihat                                                                            pertarungan  adau rampongan, tempat gladi bersih upacara                                                                      grebeg, tempat berlatih perajuri perempuan, dan pada saat                                                                      pemakaman sultan menuju Imogiri.

c. Bagian Belakang rumah
      
     - Alun Alun Kidul yaitu          : Alun alun yang terletak di selatan kerajaan  yang biasanya disebu                                                            denga pangkeran.

     - Plengkung Nirbaya yaitu       : Jalan / poros utama yang biasanya digunakan untuk menuju                                                                     kejalan utama  pemakaman  imogiri.


       
             


















   























No comments:

Post a Comment