Masjid Yang Memiliki Arsitektur Indah Diyogyakarta - kota yogyakarta

Sunday, March 11, 2018

Masjid Yang Memiliki Arsitektur Indah Diyogyakarta

Indonesia memang terkenal dengan  mayoriotas penduduknya yang  beragama islam dari berbagai provinsi dan kota terutama dikota yogyakrta. Berikut ini beberapa daftar masjid yang memiliki arsitektur indah dan unik yang ada diyogyakarta.

 1. Masjid UGM
           Masjid UGM termasuk masjid terbesar yang dimiliki Kampus dan termegah yang dibagunyang dimiliki kampus  diasia tenggara. dan termasuk kedalam kampus terbesar dikawasan ASEAN yang ada diyogyakarta masjid ini juga digunakan untuk ikon sekaligus  mendukung kegiatan mahasiswa dan mahasiswi diuniversitas Gajah Mada. Masjid ini dibagun sejak tahun  1998 dan memiliki nama resmi masjid UGM, Masjid ini pertama kali digunakan pada 4 Desember 1999 satu hari menjelang Ramadhan  1420 H. Masjid UGM ini memiliki 2 lantai yang dikelilingi taman yang sangat indah dan luas, Ditambah dengan air mancur serta pintu gerbang hitam dengan disainnya yang begitu unik.
Selain bisa menampung ratusan jamaah , masjid ini juga memiliki fasilitas ATM yang bisa digunakana para jamaah memiliki area parkir yang begitu luas dan banya banyak yang menjual buku buku tentang islam yang berjajar di sisi utara masjid ini. Masjid ini berada disebelah selatan falkultas psikologi dan di sebelah  utara kampus D3 Ekonomi  UGM. Masjid UGM ini tidak hanya menyandang predikat masjid terbesar di ASEAN namun juga dijadikan tempat wisata untuk para alternatif religi sikologi   Masjid ini berada di jalan Tevesia No.1 Bulak sumur, Diyogyakarta.



2. Masjid UIN Sunan Kalijaga.
          Selama empat tahun universitas UIN tidak memiliki masjid. Karena bagunan masjidnya rusak akibat gempa dasyat yang melanda yogyakarta pada 27 Mei 2006 lalu. Selama majid itu rusak para jamaah dikampus UIN  Sunan Kalijaga ini mengunakan salah satu ruang gedung  Multipurpose.
 Penatian yang cukup panjang untuk memiliki masjid kampus itu akhirnya terwujud pada kamis (5/8).  tepat pada tangga itu Rektor  UIN sunan kalijaga Prof. Dr. H.M Amin Abddullah dan wali kota yogyakarta Herry Zudianto telah meresmikan penggunaan  bangunan Laboratorium menjadi tempat agam/masjid kampus UIN sunan kalijaga untuk dijadikan bangunan masjid yang digunakan untuk melakukan aktivitas ibadah dan kegiatan agama.
  Masjid UIN ini adalah salah satu masjid yang memiliki desain yang unik ditambah dengan warna cat silvernya.  karena pada umumnya tidak ditemukan kubah yang dimiliki pada masjid masjid lainnya Namun yang ada hanya baguna yang berbentuk kubus yang ada pada menara masjid  dan dipintu masjid tidak ketinggalan dengan corak khas jawanya yang kental.
 Alama: Jalan Laksda Adi Sucipto, Komplek UIN Yogyakarta.


3. Masjid Khadija
       Masjid ini memiliki banguna yang unik yaitu terbuat dari lapisan marmer dan kristal. Masjid ini juga termasuk masjid termewah  dan termengah walaupun masjid ini tergolong kecil,  mungkin jika anda hanya melihat dari kejauhan masjid ini hanya terlihat biasa saja. Namun jika kalian mulai memasuki pintu gerbang masjid ini anda akan melihat banguna yang istimewah pada komposisi bangunan depan dan pada seluruh bangunanya karena 80% bangunan masjidnya dilapisi oleh marmer dan kristal.


Dalam pebangunanya pun membutuhkan waktu yang cukup lama  Motif marmer yang digunakan adalah bunga bunga dan garis garis yang berwarna yang agak gelap dan dilengkapi denga kaligrafi yang indah dan syarat dari bebagai sudut masjid . Marmernya pun didatangkan langsu dari Tulung Agung Dan pada lantainya berwarna putuh yang marmernya sengaja didatangkan langsung dari luar negeri. Inspirasi dan ide yang didapatkan oleh Ibu Amien Rais yaitu bagunan masjid yang memiliki perpaduan dari gaya Turki Dan Iran. Naman masjid ini sebenarnya dibuat hanya untuk yayasan namun juga dibuka untuk umum khususnya jika hari  hari juma`at tiba saja. Dan tidak mudah pengujung untuk mengambil foto selfi dimasjid ini.
alama: Jalan Raya Tajem, Manguwoharjo. SMK Budi Mulya.
       

No comments:

Post a Comment