permaina tradisional daerah yogyakarta - kota yogyakarta

Tuesday, February 13, 2018

permaina tradisional daerah yogyakarta

sudah semakin moderen tetapi ada beberapa masyarakat di jogja yang masih berusaha buat menghidupkan kembali permainan kota jogja yaitu kota : karang taruna wiratama,tegalrejo.
  
beberapa permainan yang mulai dikenalkan kembali kepada masyarakat  diantaranya 
egrang dengan bambu,kelereng,inkleng atau engkleng, balab karung ,ancak ancak alis,  cublek cublek suweng, udan barat, gangsing.
  
       permaini ini sering dipermainkan oleh anak laki laki maupun perempuan bisa mempermainkan  permainan ini dan biasany bermainya ramai ramai.
  • cara bermain ancak ancak alis adalah mengabungkan kedua tangannya dan diikat tinggi  supanya para pemain dapat melewatinya denga mudah. Kemudian anak anak yang lainya dapat membentuk barisan atau rangkaian,dan setelah selesai membuat rangakain para pemain dapat melewati tangan yang sudah diikat  satu persatu  sambil menyanyikan lagu.







2. Udan barat / Engkleng
         Permainan ini biasanya mengunakan pecahan genting yang biasanya disebut dengan  gacuk.
  • Cara pemaina udan barat pertama kita bisa melemparkan  batu kegaris dan gacuknya paling dekat itulah yang bisa memulai permain lebih awal, gacuk dipasang didepan kaki sambil berjalan jingkat jingkat  dagan gacuk terpasang didepan salah satu kaki  pemain. Bagi para pemain yang kalah mendapatkan konsikuensi mengedong dari garis ke garis yang sudah ditentukan.





3. Kelereng
      Kelereng ini adalah permainan yang berbentuk bulat  yang biasanya terbuat dari kaca dan tanah liat dan memiliki berbagai ukuran  umumnya berukuran 1,25. Permainan ini paling banyak dimainkan oleh anak anak yang berumur 7 tahun, tidak cuman diindonesia saja kita bisa menemukan permainan ini dari berbagai dunia contohnya di perancis sejak abad ke 12 perancis sudah mengenal permainan ini yang disan biasanya disebut bille yang artinya  bola kecil, dibelanda disebut knikkers, dan diinggris  ada nama lain yang disebut marbles yang biasanya terbuat dari marmer  yang didatangkan langsung dari jerman.









4. Gasing
         Gasing ini adalah permainan yang bisa berputar dan memiliki kesetimbangan suatu titik. Gasing ini adalah permainan tertua yang sudah ditemukan, gasing ini terbuat dari kayu tetapi dimasa moderen ini gasinga banyak yang terbuat dari plastik  dan bahan bahan lainnya. Jika gasing terbuat dari kayu harus kita ukir terlebih dahulu sampai membentuk gasingan yang cantik dan bisa berputar. Tali gasing biasanya kita buat menggunakan tali nilon dan untuk gasing tradisional terbuat dari kulit pohon dan panjang tali gasing ini juga berbeda beda tergantung ukuran gasing yang kita buat.





5.Balap Karung 
        Balap karung adalah permainan tradisional  yang sangat popoler dihari kemerdekaan permainan ini biasanya menggunakan karung. Balap karung bisa dimainkan dari anak anak sampai orang dewasa  para perserta bisa memasukkan setengah badannya ke dalam karung  dan peserta bisa lompat sampai kegaris finis siapa yang bisa sampai ke garis finis itulah yang menang.














2 comments:

  1. Sering kalah bermain poker dan domino di poker online lain yaa bosku?

    Segera bergabung dan bermain di "SARANA PELANGI SALAH SATUNYA AGEN JUDI DOMINO QQ , BANDAR POKER DAN BANDAR QIU QIU 99 TERPERCAYA SEASIA".

    7 Games 1 User Id , Bonus Turnover / Cashback 0.5% Dibagikan Setiap Harinya , Bonus referral 20% Seumur Hidup Dibagikan Setiap Minggu dan dengan kartu yang baik untuk kemenangan anda setiap harinya.

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di SARANAPELANGI.POKER atau melalui android kami.

    - Website : Saranapelangi.poker
    - BBM : 2B47BB9C
    - Line : csnini
    - CALL (Whatsapp) : +85581508599
    - SKYPE : saranapelangi
    - EMAIL : saranapelangi99@yahoo.com

    Link Alternatif Saranapelangi :

    - Saranapelangi.net
    - Saranapelangi.link
    - Saranapelangi.poker

    Silahkan di coba yaa bosku & Salam Hoki Selalu !!:)

    ReplyDelete
  2. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete