makanan khas kota yogyakarta - kota yogyakarta

Friday, February 9, 2018

makanan khas kota yogyakarta

kota yogyakarta juga memiliki beberapa makan khas seperti kota kota lain.
Yang bahkan sudah terkenal di seluruh dunia, terutuma rasanya yang nikmat dan khas.


berikut ini beberapa makan khas dari kota yogyakarta.

1. Gudeg
          Gudeg adalah makan  yang sering kita temui saat berkunjung ke kota jogja, makan ini sudah sangat terkenal dengan rasanya yang nikmat dan harganya yang tidak terlalu mahal. Gudeg  juga memiliki tiga jenis yaitu Gudeg basah,Gudeg manggar, dan Gudeg kering. Kita juga bisa membawa pulang untuk oleh-oleh keluarga dirumah. Kita bisa memilih gudeg kering karana gudeg kering bisa betahan lebih lama dari gudeg gudeg yang lainya. Untuk menemukan gudeg ini anda tidak perlu khawati karna dijogja sangat banyak cabangnya.





2. Bakpia Pathuk
              Bakpia  ini adalaha makanan khas jogja yang bisa kita jadikan oleh oleh saat berkunjung ke kota yogyakarta. Bakpia ini terbuat dari tepung yang dipanggang  dan ditambah dengan isian kacang hijau, dengan parutan gula  yang dibalut denagan kulit. Tekstur yang krispi dan lembut didalam mulut yang bisa mengoda selera anda untuk menikmatinya. Sekarang juga sudah dibuat bakpia dengan berbagai isian seperti: duren,coklat, keju,dan masih banyak lagi.











3. Ditempelkan
             Atau  yang sering kita sebut kue geplak adalah termasuk kedalaman makan tradisional  yang berasal dari kota yogyakarta asli. Kue ini terbuat dari  adonan kelapa parut ,tepung, dan gula yang diproses sampai menjadi kue geplak. Makanan ini juga terkenal dengan rasanya yang manis  dan enak yang berbentuk bulat dan warna warni yang digunakan untuk memikat para pengujung untuk menikmatinya.











4.  Cenil Jogja
         makanan khas yang satu ini sekarang sudah mulai sulit kita temui. Walaupun diluar daerah jogja masih banyak yang menjualnya tetapi sudah pasti rasanya  berbeda dari yang aslinya dan teksturnya juga berbeda. Jika kalian datang kesini jangan lupa menikmatinya, jika masih beruntung masih bisa menemui makan khas yang satu ini. Tetapi jika kalian tidak menemukan  jagan kawatir karena kalian bisa membuatnya sendri dirumah dengan buka pandua.

















No comments:

Post a Comment