kota yogyakarta - kota yogyakarta

Tuesday, February 6, 2018

kota yogyakarta

Kota yogyakarta termasuk daerah istimewa diprovinsi indonesia,daerah  yogyakarta ini  terletak di selatan pula jawa  dan berbatasan dengan provinsi jawa tengah  dan samudra hindia.yang memiliki luas 3.185,80 km, yang terdiri dari satu kota madya,dan empat kabupaten yang dibagi menjadi 78 kecamatan,dan 438 desa. Kota yogyakarta termasuk kota tertua kedua diindonesia kota yogyakarta juga memiliki nama khusus dari zaman sebelum indonesi merdeka.



lambang



Kota Yogyakarta

a. candi prambanan

provinsi yogyakarta  tersmasuk provinsi terkeci kedua setelah DKI Jakarta. Kota yogyakarta ini sangat terkenal di nasional dan internasional ,terutama tempat wisatanya. Kota yogyakarta juga memiliki tiga sugai winogo,sungai code dan sungai gajahwong, kota yogyakarta juga jarang  mengalami banjir walapun bedekatan dengan DKI jakarta. Masyarakat yogyakarta banyak yang beragama islam. Kota yogyakarta sangat dikenal sebagai kota pelajar.

candi prambanan ini termasuk  candi terbesar diindonesia yang didirikan dari abad ke-19 candi ini dibuat untuk trimurti yaitu tiga dewa hindu, yaitu dewa Brahma dewa pencipta, dewa Wishnu dewa pemelihara, dan dewa Siwa dewa pemusnah. candi prambana memiliki tinggi tiga meter . 
Candi prambana berada dikecamatan prambanan slemen dan kecamatan brambanan klaten, dan pintu masuk candi prambanan berada di desa tlogo brambanan klaten.





candi perambanan








b.museum Benteng Vredeburg
           
               Musium Benteng Vredeburg terletak didepan gedung agung dan keraton kesultanan yogyakarta benteng ini didirikan hampir bersaman dengan kelahiran kesultanan yogyakarta. Disamping bagunan ini didirikan sebuah benteng yang dibagun oleh belanda untuk melindungi wilayah kraton dan disekitarnya.letak bagunan benteng ini hanya berjarak satu tembak mariam dari kraton. Tahun 1760-1765 pada tahun  1760  pemerintah belanda sultan HB I sudah mulai membangun benteng yang bentuknya bujur sangkar dari keempatnya dibuat penjagan yang bernama seleka / bastion,Jayawisesa  yaitu sudut barat,Jayapurusa yaitu sudut timur laut, Jayaprakosaningprang yaitu sudut barat daya. Baguna ini hanya dibuat dengan tiang penyangga  yang kayu dari pohon kelapa,dan bagunan dalam hanya dibuat dari bambu dan kayu, dan atapnya hanya ditutup dengan ilalang.
Pada masa W.H Ossenberch pada tahun 1675 megusulakan pada sultan  untuk menjdikan bagunan benteng menjadi lebih kokoh lagi untuk menjamin  keamanannya.





museum Vredebung



Benteng

c. Candi Ratu Boko

             selain dari kedua candi tadi kita selanjutnya bisa mengujungi jandi ratu boko. Candi ini adalah termasuk candi peninggala keraja yang dulunya adalah bagunan kerajaan  yang memiliki luas  250  ribu  meter persegi  yang memiliki bagunan gapura  utama, pembakaran lapangan, lapangan kolam,pendopo,paseban  dan goa. Candi ini sangatlah cantik saat matahari  mulai terbenam  untuk masuk ke candi ini kalian bisa membayar tiket  seharga RP 40.000.








d. Candi Ijo
        jadi ini adalah kawasan candi yang hampir keseluruhanya bercorak hindu . candi ini berada sekitar 4 km dari  tenggara candi ratu boko  18 km dari arah timur  kota jogjayakrta. Kenpa candi ini disebut candi ijo karena candi ini dibangun  disebuh bukit  hijau yang dibangun dari abad ke-9
candi ini juga memiliki teras teras  berundak . Candi ini termasuk candi tertinggi di kota jogja  yang
berada di ketinggian  375 meter dari permukaan laut. Jika kita ingin mengujungi candi ini kita bisa membayar tiket sebesar  RP 5.000.


















No comments:

Post a Comment